Jumat, 26 April 2013

Bagaimana Cara Berkomunikasi yang Baik dengan Orang Tua?

Beda tipe dan karakter orang tua pasti beda juga cara yang harus digunakan untuk berkomunikasi serta menyampaikan isi hati kita. maka dari itu sering sekali hubungan antara anak dengan orang tua dalam suatu keluarga kurang harmonis atau bahkan tidak harmonis. satu sisi sifat anak yang masih terbilang labil secara ego dan orang tua yang sangat sensitif terhadap ucapan maupun perbuatan. nah untuk itu saya memiliki sedikit tips untuk kalian yang masih bingung bagaimana caranya berkomunikasi yang baik dengan orang tua agar tidak terjadi kesalah pahaman yang berujung pada ketidak harmonisan dalam keluarga.

1. CARA MENGHADAPI ORANG TUA YANG GALAK

  • Penting sekali untuk melihat suasana hati orang tua sebelum mencoba berbicara dengannya. jika suasana hati orang tua sedag buruk, tunda dulu niat kalian. 
  • Sampaikan maksud kalian dengan baik, sopan, dan tidak bertele-tele. sebelumnya, persiapkan dulu dengan matang apa yang ingin kalian sampaikan, lebih baik lagi bila kalian bisa mempersiapkan argumen-argumen logis untuk mendukungnya,. orang tua pasti akan terkesan melihat kedewasaan kalian.
  • jika sudah selesai menyampaikan maksud kalian, dengarkan tanggapan orang tua dengan tenang. jangan menyela atau mencoba membantah saat mereka sedang berbicara. ada saatnya nanti kalian bisa menyanggah pendapat mereka jika kalian rasakan tidak sesuai dengan isi hati kalian.
  • Seandainya maksud yang kalian sampaikan tidak di terima oleh orang tua, jangan  mengomel atau menunjukan sikap tidak puas secara berlebihan. ucapkan terima kasih dan katakan "Mudah-mudahan lain kali ayah dan ibu bisa lebih memahamiku."
2. CARA MENGAHADAPI ORANG TUA YANG OTORITER
  • Sama seperti menghadapi orang tua yang galak, melihat suasana hati juga adalah hal yang penting untuk di lakukan. orang tua yang galak sebenarnya hampir sama dengan orang tua yang otoriter. bedanya, orang tua otoriter memang tidak terlalu galak, tapi mereka biasanya selalu merasandirinya benar dan tidak mau dibantah.
  • Cara terbaik untuk menyampaikan isi hati kalian adalah dengan menyelipkan dalam percakapan biasa,  sedikit demi sedikit setiap kali memungkinkan, hingga orang tua menyadari maksud kalian. 
  • Beranikan diri untuk menga,bil keputusan sendiri. tapi ingat, ini harus disertai keberanian untuk mempertanggung jawabkan keputusan tersebut. jangan asal memberikan argumen tanpa kalian bisa bertanggung jawab atas itu.
  • Orang tua otoriter biasanya selalu merasa dirinya benar, coba sebisa mungkin tunjukan bahwa ada kalanya mereka juga membuat kesalahan. barulah kemudian, yakinkan mereka untuk memberi kesempatan kepada kalian untuk melakukan appa yang kalian anggap baik. 
  • Ingat, semakin keras kalian menunjukkan penentangan kalian terhadap keinginan orang tua maka akan semakin keras pula mereka bereaksi. jadi kuncinya adalah jangan mamaksa, tetap bersabar dan tunjukan bahwa kalian layak di beri kesempatan.
3. CARA MENGHADAPI ORANG TUA YANG SIBUK
  • Jangankan bicara, untuk bejumpa pun mungkin tidak sempat karna kesibukan orang tua yang luar biasa. kalau begitu, teknologi adalah solusi yang paling tepat. mengingat sekarang sudah banyak sekali alat komunikasi serta media yang canggih. kalian bisa gunakan pesan singkat (SMS) yang paling gampang atau surat elektronik untuk menyampaika maksud kalian, sehingga bisa dibaca oleh orang tua kalian di waktu luang.
  • Bisa juga kalian tinggalkan pesan tertulis denga warna mencolok di dekat tempat tidur orang tua kalian. mudah-mudahan mereka bisa melihatnya saat akan tidur dan langsung membacanya.
  • Kalau memang benar-benar ingin berbicara secara langsung, usahakan jangan di saat mereka akan berangkat ke kantor atau baru pulang kerja. mereka tidak akan fokus karna sedang terburu-buru atau kelelahan.
  • Jika semua upaya tidak kunjung di tangapi, sampaikan pesan tertulis atau melalui SMS maupun surat elektronik lainnya yang berisikan isi hati kalian. misalnya, "Karena ayah dan ibu tidak memberi tanggapan, maka saya anggap ayah dan ibu setuju." lakukan saja aapa yang kalia anggap baik, tapi tetap, kalian harus tetap denga penuh tanggung jawab. 
Itu sekilas tips yang bisa saya bagikan. ingatlah keluarga merupakan satuan unit terkecil di lingkungan pendidikan yang paling UTAMA dan PERTAMA. untuk itu keharmonisan atau hubungan komunikasi yang baik sangat di butuhkan dalam proses berkembangnya kepribadian anak. semoga sedikit tips di atas dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian. 

1 komentar:

  1. wah... kern banget tipsnya kawan... makasih banget posting... hahaha.... :)


    f4ndhy.blogspot.com

    BalasHapus